Panduan Verpal PD untuk Operator SD (Sekolah Dasar)
Gurumaju.com – Panduan/cara melakukan
Verpal PD untuk rekan-rekan Operator Sekolah Dasar (SD), dimana untuk melakukan
Verpal PD(Peserta Didi) pastinya selalu dilakukan oleh rekan-rekan Operator
Sekolah secara rutin setelah melakukan update pada data Dapodik, selain itu
Verpal PD juga dapat digunakan untuk mengajukan perubahan data pada Peserta
Didik jika seandainya ada sekolah yang mengalami kesalahan input data siswa pada
Aplikasi Dapodik maka dapat melakukan pengajuan perubahan melalui Verpal PD
tersebut dengan berkoordinasi dengan Operator Dinas Setempat.
Kali ini Admin akan memberikan sebuah link download panduan
Verpal PD untuk Operator SD yang dapat Anda gunakan sebagai panduan dalam
melakukan Verpal PD tahun 2017.
Dibawah ini Admin kutipkan beberapa pertanyaan yang sering
ditanyakan oleh para rekan-rekan operator sekolah saat melakukan Verpal PD:
1.Kenapa data siswa hilang setelah Operator Sekolah
menyelesaikan proses pengajuan mutasi?
Jawab: Data siswa memang akan hilang sementara saat dalam antrian proses
persetujuan/approval di Dinas Pendidikan Kab/Kota dan PDSPK. Sejauh mana proses
pengajuan mutasi tersebut bisa Operator Sekolah kroscek di menu Status Pengajuan
Mutasi.
2.Apa yang harus dilakukan Operator Sekolah setelah proses mutasi sudah
selesai diajukan dan data siswa sudah hilang dari menu Belum Memiliki NISN?
Jawab : Cek menu Status Pengajuan Mutasi untuk mengetahui pengajuan
mutasi sudah disetujui atau belum. Jika belum, segera konfirmasi ke Dinas
Pendidikan Kab/Kota (Operator Dinas), bawa serta dokumen mutasi siswa untuk
proses verifikasi ulang oleh Operator Dinas (verifikasi dokumen secara langsung
atau via media lainnya tergantung kebijakan Dinas masing-masing).
3.Bagaimana jika NISN siswa mutasi hasil persetujuan mutasi (approve) oleh
Dinas Pendidikan Kab/Kota dan PDSPK tidak sesuai dengan NISN siswa tersebut di
ijazah sebelumnya?
Jawab: jika NISN hasil approval Dinas Pendidikan/PDSPK tidak sesuai
dengan NISN siswa di ijazah sebelumnya, silakan Operator Sekolah mengajukan edit
NISN melalui menu EDIT DATA / PENGAJUAN >> NISN.
4.Apa yang harus dilakukan oleh Operator Sekolah jika ada data siswa yang
masuk ke menu Belum Memiliki NISN, tetapi status validasinya bukan “Mutasi
Siswa” melainkan “Belum Memiliki NISN” padahal siswa tersebut adalah siswa
mutasi?
Jawab: Perbaiki data siswa melalui aplikasi Dapodik terlebih dahulu.
Keluarkan data siswa tersebut dari rombel lalu masukkan lagi kedalam rombelnya,
dengan memilih registrasi masuk : MUTASI. Simpan perbaikan lalu sinkronisasi
ulang Dapodiknya. Tunggu 1 hari hingga status validasi siswa di aplikasi
VervalPD berubah menjadi “Mutasi Siswa”. Setelah status validasi berubah,
silakan Operator Sekolah memproses pengajuan mutasinya mulai dari Langkah 1
s/d
Untuk Link Download panduan verpal PD silahkan klik tombol dibawah ini:
PANDUAN VERPAL PD UNTUK OPERATOR SD TAHUN 2017
Perhatian: Sebelum menutup
Artikel "Panduan Verpal PD untuk Operator SD (Sekolah Dasar)"
ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan
menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.
Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK
tombol Share yang telah Admin sediakan dibawah ini baik melalui Facebook,
Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat
untuk orang lain...
Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…