Panduan Pendataan Calon Peserta UN 2019
Gurumaju.com - Panduan Penggunaan Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Online 2019 Untuk jenjang SMP / MTs / SMPTK yang dapat Anda pelajari dan Download dalam format pdf melalui tautan dibawah ini.
Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Online 2019 SMP merupakan suatu sistem terpadu dalam mendata calon peserta ujian nasional khusus tingkat SMP yang dilakukan secara bersamaan. Proses pendataan dilakukan secara langsung di semua propinsi dimana setiap sekolah di setiap daerah bisa secara langsung melakukan proses input/edit ataupun upload data siswanya ke dalam sistem.
Selanjutnya yang harus dilakukan pihak sekolah adalah melakukan proses pengentrian data siswa ke dalam sistem yang dilakukan oleh seksi pengolahan data dalam hal ini disebut sebagai operator. Dimana di setiap sekolah harus disediakan suatu Komputer yang terhubung secara langsung ke Server Pendataan Online melalui internet untuk melakukan proses pengentryan data tersebut melalui situs web khusus (situs operator). Setiap operator di sekolah akan diberikan suatu account khusus (User Name dan Password) yang digunakan untuk login ke dalam sistem.
Pertama-tama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan proses pengentryan data siswa adalah melakukan login ke dalam sistem. Untuk login ini Anda harus mengetahui username dan password yang telah diberikan.
Prosedur Login, adalah :
Catatan:
Mohon diperhatikan bahwa ketika Anda telah login ke dalam sistem dan berada pada modul utama, jangan sampai Anda menekan tombol Back dan Refresh yang terdapat pada menu browser Internet Explorer. Hal ini akan menyebabkan Anda terlempar ke luar dari sistem, sehingga menyebabkan perubahan data yang telah Anda lakukan tidak akan masuk ke dalam Database. Untuk kembali ke dalam sistem Anda harus melakukan prosedur login di dalam form login.
Setelah Anda login ke dalam sistem maka Anda akan berada di dalam modul utama dari sistem online ini yang akan menampilkan informasi pengguna yang sedang login. Dimana Anda bisa melihat nama dan unit kerja Anda apakah sesuai atau tidak dengan User ID Anda jika tidak sesuai mohon laporkan kasus ini pada Panitia Pendataan Calon Peserta UN Online pusat di Puspendik. Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat gambar di bawah ini
Modul yang dapat ditangani oleh operator provinsi akan otomatis muncul sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan. Misal jika user tidak memiliki hak akses untuk menginput siswa maka menu tersebut tidak akan muncul
Catatan:
Setelah Anda login ke dalam sistem dan berada pada modul utama, sebaiknya anda melengkapi data identitas pada menu “EDIT ACCOUNT”. Hal ini mengetahui informasi lengkap dari user.
Pada modul data master ini terdapat tiga sub menu lagi yaitu menu Master Propinsi, Master Kota/Kabupaten dan Master Sekolah. Modul – modul ini digunakan untuk melakukan setup (tambah, edit dan hapus) terhadap datadata master propinsi, kota/kabupaten dan juga sekolah yang akan digunakan di dalam system. User Provinsi/Kota/Kabupaten/Sekolah dapat melengkapi data-data yang diperlukan. User pusat yang bisa melakukan proses penambahan dan penghapusan data master sedangkan user propinsi, kabupaten/kota dan sekolah tidak diberikan akses terhadap modul ini.
Selengkapnya silahkan download Panduan Pendataan Calon Peserta UN 2019 secara Online melalui tautan dibawah ini:
Panduan Pendataan CAPESUN 2019 [Download]
Demikian Informasi mengenai Panduan Pendataan Calon Peserta UN 2019 Online yang dapat Admin sampaikan. Terima kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.
Panduan Pendataan Calon Peserta UN 2019 |
Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Online 2019 SMP merupakan suatu sistem terpadu dalam mendata calon peserta ujian nasional khusus tingkat SMP yang dilakukan secara bersamaan. Proses pendataan dilakukan secara langsung di semua propinsi dimana setiap sekolah di setiap daerah bisa secara langsung melakukan proses input/edit ataupun upload data siswanya ke dalam sistem.
Selanjutnya yang harus dilakukan pihak sekolah adalah melakukan proses pengentrian data siswa ke dalam sistem yang dilakukan oleh seksi pengolahan data dalam hal ini disebut sebagai operator. Dimana di setiap sekolah harus disediakan suatu Komputer yang terhubung secara langsung ke Server Pendataan Online melalui internet untuk melakukan proses pengentryan data tersebut melalui situs web khusus (situs operator). Setiap operator di sekolah akan diberikan suatu account khusus (User Name dan Password) yang digunakan untuk login ke dalam sistem.
LOGIN KE DALAM SISTEM
Pertama-tama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan proses pengentryan data siswa adalah melakukan login ke dalam sistem. Untuk login ini Anda harus mengetahui username dan password yang telah diberikan.
Prosedur Login, adalah :
Pada saat pertama kali dibuka maka Anda akan berada di halaman web form login
Masukkan Username pada kolom User Name dan password pada kolom Password
Masukkan kode Captcha sesuai dengan yang muncul di layar pada kolom Security Code
Klik tombol Login. Bila muncul pesan kesalahan berarti Anda salah memasukkan User Name atau Password, Anda harus mengulangi pengisiannya
Selanjutnya bila telah berhasil login Anda akan di bawa ke modul Utama Sistem yang berisi Informasi pengguna yang sesuai dengan profil Anda
Catatan:
Mohon diperhatikan bahwa ketika Anda telah login ke dalam sistem dan berada pada modul utama, jangan sampai Anda menekan tombol Back dan Refresh yang terdapat pada menu browser Internet Explorer. Hal ini akan menyebabkan Anda terlempar ke luar dari sistem, sehingga menyebabkan perubahan data yang telah Anda lakukan tidak akan masuk ke dalam Database. Untuk kembali ke dalam sistem Anda harus melakukan prosedur login di dalam form login.
INFORMASI PENGGUNA
Setelah Anda login ke dalam sistem maka Anda akan berada di dalam modul utama dari sistem online ini yang akan menampilkan informasi pengguna yang sedang login. Dimana Anda bisa melihat nama dan unit kerja Anda apakah sesuai atau tidak dengan User ID Anda jika tidak sesuai mohon laporkan kasus ini pada Panitia Pendataan Calon Peserta UN Online pusat di Puspendik. Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat gambar di bawah ini
Modul yang dapat ditangani oleh operator provinsi akan otomatis muncul sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan. Misal jika user tidak memiliki hak akses untuk menginput siswa maka menu tersebut tidak akan muncul
Catatan:
Setelah Anda login ke dalam sistem dan berada pada modul utama, sebaiknya anda melengkapi data identitas pada menu “EDIT ACCOUNT”. Hal ini mengetahui informasi lengkap dari user.
Data Master
Pada modul data master ini terdapat tiga sub menu lagi yaitu menu Master Propinsi, Master Kota/Kabupaten dan Master Sekolah. Modul – modul ini digunakan untuk melakukan setup (tambah, edit dan hapus) terhadap datadata master propinsi, kota/kabupaten dan juga sekolah yang akan digunakan di dalam system. User Provinsi/Kota/Kabupaten/Sekolah dapat melengkapi data-data yang diperlukan. User pusat yang bisa melakukan proses penambahan dan penghapusan data master sedangkan user propinsi, kabupaten/kota dan sekolah tidak diberikan akses terhadap modul ini.
Selengkapnya silahkan download Panduan Pendataan Calon Peserta UN 2019 secara Online melalui tautan dibawah ini:
Panduan Pendataan CAPESUN 2019 [Download]
Demikian Informasi mengenai Panduan Pendataan Calon Peserta UN 2019 Online yang dapat Admin sampaikan. Terima kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.